Monitoring Dan Evaluasi Hatinya PKK Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2018

PULUTAN 01 September 2018 14:36:21 WIB

Sidasamekta - Jumat 25 agustus 2018, TP PKK Desa Pulutan dipercaya oleh TP PKK Kabupaten Gunungkidul dalam monitoring dan evaluasi HATINYA PKK tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. HATINYA PKK sendiri merupakan kependekan dari Halaman Asri Tertur Indah dan Nyaman tentunya memiliki aspek penilaian tentang pemanfaat pekarangan rumah, di mana di dalamnya harus dimanfaatkan untuk menanam tanaman sayuran, toga, buah-buahan, tabungan hidup, untuk perikanan, peternakan, dan pemeliharaan unggas. Pemanfaatan tanah pekarangan ini akan memberi manfaat baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dalam acara ini, para tim juri diajak untuk mengunjungi sampel sampel Pemanfaatan pekarangan rumah yang ada di Desa Pulutan, mulai dari pengolahan sampah, pengolahan bahan makanan berbahan lokal yang aman, pengrajin kaos, dan sampel rumah sehat yang kesemua pemiliknya juga memanfaatkan tanah pekarangan rumah untuk menanam maupun berternak.

selain diajak untuk mengunjungi sampel, para tim juri juga disuguhi aneka kesenian khas pulutan, seperti gejog lesung dan trebang, tari gambyong kreasi, drumband, dan paduan suara yang mencuri perhatian juri. Suguhan lain juga turut hadir, yaitu bazar hasil bumi pulutan, batik jumputan, dan aneka sovenir yang kesemuanya itu bergerak di bawah tangan ibu ibu terampil TP PKKDesa Pulutan.

Setelah ketua TP PKKDesa Pulutan melakukan pemaparan, Tim Juri juga memberi apresiasi dan percaya jika Pulutan merupakan lumbung pangan dan pemasok sayuran terbesar di pasar Argosari Wonosari, sebagaimana dalam penuturannya berikut ," ora gumun, wis biasa nak Pulutan ki gudange sayuran ng Wonosari" ("tidak heran jika Pulutan merupakan gudang sayuran di wonosari")

Ketua TP PKK Desa Pulutan berharap, setelah adanya monitoring dan evaluasi ini akan memberi motivasi kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan tanah pekarangannya sehingga mampu untuk mensejahterakan keluarga terlebih bagi masyarakat di sekitarnya dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat di Desa Pulutan akan terus maju dan berkembang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Pulutan

tampilkan dalam peta lebih besar