PANEN RAYA BAWANG MERAH DESA PULUTAN

PULUTAN 04 September 2018 14:53:08 WIB

SIDASAMEKTA – Kelompok Tani Sido Maju ,Sedyo Makmur, dan Ngudi Raharjo pada hari Selasa (04/09/2018) Melaksanakan panen raya Bawang Merah di bulak Glodogan yang di hadiri kepala dinas pertanian dan pangan Kabupaten Gunungkidul beserta Camat dan unsur muspika kecamatan Wonosari.

Kepala Desa Pulutan (Tri Untaro ) dalam sambutannya mengucapkan terimaksih kepada Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul yang telah memberi bantuan Benih Bawang Merah ini, beliau berharap dengan adanya bantuan bawang merah ini dapat memberi manfaat kepada para petani yang ada di Desa Pulutan, dan beliau juga berharap kedepannya antara petani bawang merah dan dinas terkait bekerjasama dalam hal pengadaan,perawatan serta penjualan. Terutama saat musim panen cenderung harga bawang merah cukup murah sehingga panen petani tidak dapat maksimal.

Ketua Gapoktan Maguru Suparno menyampaikan jumlah hasil panen untuk rata-rata adalah 5,9kg per 1x1m. Beliau berharap kesulitan yang petani alami baik bibit atau obat nantinya semakin mudah didapat sehingga biaya produksi dapat ditekan dan petani semakin sejahtera. Disamping itu petani tidak henti hentinya melakukan inovasi, agar dapat dikembangkan sebagai agro wisata.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul dalam kesmepatannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat kelompok tani yang telah berhasil dalam mengembangkan pertanian bawang merah. Kita harus yakin bahwa bawang merah ini dapat menjadi salah satu komoditi utama dari Kabupaten Gunungkidul. Untuk itu saya berharap acara panen pada hari ini akan dapat memicu semangat dan bisa menginspirasi warga masyarakat yang lain.

Lebih lanjut, Camat Wonosari menghimbau kepada jajaran Pemerintahan beserta para petani untuk senantiasa melakukan inovasi, agar budidaya pertanian terkhusus tanaman bawang merah di Kecamatan Wonosari semakin maju dan berkembang. Tidak hanya dalam hal produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi saja, tetapi juga kedepannya agar bisa dikembangkan lagi menjadi agrowisata.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Pulutan

tampilkan dalam peta lebih besar