Musim Tanam Telah Tiba

PULUTAN 14 November 2018 06:22:38 WIB

SidaSamekta – Hujan yang mulai mengguyur Kabupaten Gunungkidul dan sekitarnya mulai dimanfaatkan olah para petani Desa Pulutan Kecamatan Wonosari untuk memulai menanam Gabah/Padi. Seperti yang terlihat di sejumlah petani di Padukuhan Glodogan, Rabu (14/11/2018).

“Kalau kita di sini biasanya bulan Oktober atau bulan November penanggalan kalender  telah mulai nonjo (tanam padi) termasuk musim hujan tahun ini, meski intensitas hujan turun belum terlalu besar,” kata Giyarto, petani Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari.

Menurutnya, penentuan musim nonjo pada bulan sepuluh atau sebelas sendiri didasarkan dari pengalaman dan bertepatan dengan perhitungan bulan pemerintah.

Purmarsidi, petani Desa Pulutan lain mengatakan, menanam padi dengan sistim Tonjo dilakukan selain karena intensitas hujan turun rendah juga dari segi biaya relatif lebih murah dibandingkan dengan sistem tanam yang biasa dilakukan petani pada umumnya.

Padi yang ditanam dengan sistem Tonjo juga lebih tahan panas meski pasca ditonjo selama tiga sampai empat hari tidak hujan, bulir padi tidak mati dan tetap bisa tumbuh pungkasnya. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Pulutan

tampilkan dalam peta lebih besar