KELOMPOK KARAWITAN SUKO SARI DESA PULUTAN

PULUTAN 11 Februari 2019 11:16:45 WIB

SidaSamekta - Seni karawitan adalah seni budaya jawa yang membumi di Indonesia. Ia menjadi seni yang terus di lirik meski banyak produk seni modern bermunculan. Rubini yang merupakan warga Desa Pulutan, Wonosari tertarik untuk menekuni seni Karawitan. Kelompok Karawitan miliknya ia beri nama Karawitan Suko Sari.

Terbentuk sejak 25 Tahun yang lalu , sekitar 20 anggota karawitan terus berusaha melestarikan seni karawitan dan mengenalkannya kepada pemuda-pemuda Yang ada di desa Pulutan . Karawitan Suko Sari rutin mengadakan latihan-latihan rutin setiap Jum’at sore .

Rubini tergerak untuk mengaktifkan kembali seni karawitan di desa Pulutan . Ia mengaku  Sejak Desa Pulutan memperoleh bantuan gamelan dari dinas kebudayaan Kab. Gunungkidul  sejak desember tahun lalu menjadi motivasi rubini untuk menghidupkan kembali seni karawitan. Tujuan dihidupkan kembali seni karawitan adalah untuk mengenalkan generasi muda akan pentingnya mencintai budaya jawa. Selain itu juga untuk memberikan kesenangan, hiburan masyarkat melalui gending-gending (lagu-lagu) jawa.

Komentar atas KELOMPOK KARAWITAN SUKO SARI DESA PULUTAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Pulutan

tampilkan dalam peta lebih besar